5 Rekomendasi Buah yang Cocok untuk Sahur Agar Badan Tidak Lemas

5 Rekomendasi Buah yang Cocok untuk Sahur Agar Badan Tidak Lemas

ilustrasi buah-buahan untuk sahur--freepik

BACA JUGA:Sebaiknya Anda Tau, 3 Perpaduan Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan

Selain minum air putih yang banyak, memilih buah yang mengandung banyak air seperti melon untuk memenuhi kebutuhan cairan. 

Mengutip dari laman lottemart.co.id, Sabtu (16/3/2024) buah ini merupakan buah yang bagus untuk melaksanakan puasa, sehingga tidak heran jika banyak dikonsumsi untuk minuman berbuka maupun pelengkap untuk sahur.

Buah melon memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh terlebih selama puasa, antara lain untuk menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah dehidrasi, serta sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai penyakit. 

Selain dapat dikonsumsi langsung, buah melon yang manis ini dapat diolah menjadi minuman segar, seperti sebagai campuran dalam es buah.

BACA JUGA:Ini Manfaat Salat Tarawih bagi Kesehatan Otot-Sendi, Kaum Rebahan Wajib Tahu!

Buah melon juga mengandung air, karbohidrat, vitamin (B1, B2, B3, B5, B6, C), kalium, natrium, serat, serta zat gizi lainnya. Jadi, tak ada salahnya mengonsumsi buah melon sebagai pelengkap makan sahur mengingat nutrisinya cukup lengkap agar tidak membuat tubuh dehidrasi dan lemas.

5. Alpukat

Selain buah-buah di atas, alpukat termasuk buah yang kaya akan karbohidrat, serat, vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Sejumlah manfaat alpukat jika dikonsumsi sebagai santapan sahur, antara lain dapat melancarkan saluran pencernaan dan menambah energi. 

Selain itu buah satu ini juga mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk mengontrol kadar kolesterol selama berpuasa.

BACA JUGA:7 Tips Agar Badan Tetap Fit dan Tidak Lemas Saat Seharian Berpuasa

Alpukat paling nikmat saat disantap langsung karena memiliki daging yang lembut, seperti dibuat menjadi salad, jus, isian sandwich, maupun smoothies segar pun tak ada salahnya. Pilih jenis alpukat mentega karena dagingnya lebih lembut dan tebal, jenis alpukat ini biasanya yang paling enak rasanya.

Memilih buah-buahan ini sebagai bagian dari sahur dapat membantu menjaga energi dan kesehatan tubuh selama bulan puasa. 

Namun, tetaplah memperhatikan porsi dan variasi makanan untuk memastikan tubuh mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan.

Sumber: