Tinggi Kalori dan Lemak, Ketahui 9 Manfaat Santan bagi Kesehatan Tubuh

Tinggi Kalori dan Lemak, Ketahui 9 Manfaat Santan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Santan bagi Kesehatan Tubuh--freepik

SILAMPARITV.CO.ID - Santan, yang merupakan cairan hasil ekstraksi dari parutan kelapa, adalah bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai masakan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Meskipun santan kerap dianggap tinggi kalori dan lemak, ternyata santan juga memiliki berbagai manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Berikut adalah beberapa manfaat santan bagi kesehatan tubuh:

1. Sumber Energi yang Baik

Santan kaya akan lemak jenuh, khususnya medium-chain triglycerides (MCTs). MCTs lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, sehingga dapat memberikan dorongan energi cepat. Lemak ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu dalam proses pembakaran kalori.

BACA JUGA:5 Makanan Penambah Tenaga yang Penting bagi Orang di Usia 50-an

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Meskipun mengandung lemak jenuh, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak dalam santan, khususnya asam laurat, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Kolesterol HDL membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengangkut kolesterol jahat (LDL) dari arteri.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Santan mengandung asam laurat yang memiliki sifat antimikroba dan antijamur. Asam laurat dapat membantu melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dan virus.

BACA JUGA:Ketahui 10 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Santan sering digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut. Kandungan vitamin E dan lemak sehat dalam santan dapat membantu melembapkan kulit, mengurangi kerutan, dan mengatasi kulit kering. Untuk rambut, santan dapat membantu mengatasi masalah ketombe dan membuat rambut lebih kuat dan berkilau.

5. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Santan memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan dan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan sindrom iritasi usus besar (IBS). Lemak MCT dalam santan juga dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, terutama vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.

Sumber: