Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan, Aman Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan, Aman Bagi Penderita Diabetes

ilustrasi manfaat rambutan bagi kesehatan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMengonsumsi buah rambutan rupanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terlebih bagi penderita diabetes pun bisa dikatakan aman jika mengonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Kulit buah rambutan mempunyai khasiat yang istimewa. Buah monokotil ini juga memiliki rasa manis dan asam saat dimakan. Buah yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini mudah ditemukan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia dan Malaysia.

Banyak orang yang jarang mengetahui tentang nutrisi buah rambutan. Padahal, nutrisi yang ada pada buah ini mampu mengatasi berbagai penyakit seperti penyakit jantung salah satunya.

Perlu diketahui bahwa rambutan kaya akan serat, vitamin dan mineral. Setiap 100 gram daging buah rambutan mengandung 1,4 gram serat. Serat ini tentunya baik untuk kesehatan, terutama untuk sistem pencernaan.

Selain itu, rambutan juga mengandung 72 kalori, 1,4 gram protein, 18 gram karbohidrat, dan 0,2 gram lemak.

BACA JUGA:Suka Menahan Kentut? Inilah 4 Dampaknya!

Jika kita makan lima buah rambutan, kita dapat memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan vitamin C harian kita. Rambutan juga menyediakan senyawa antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit.

Menarik sekali, bukan? Jika Anda sudah familiar dengan nutrisi rambutan, berikut manfaat rambutan 

1. Mengurangi risiko diabetes 

Rambutan dipercaya efektif dalam pengobatan diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan di China menunjukkan bahwa kandungan fenolik pada buah rambutan mampu menurunkan kadar glukosa sehingga mengatur gula darah.

BACA JUGA:Berikut Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

"Penderita diabetes seringkali takut makan buah-buahan manis. Padahal rambutan menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan dan relatif rendah gula," ujarnya. kata ahli gizi Sarah Garone NDTR.

2. Mencegah kanker 

Buah rambutan kaya akan antioksidan seperti vitamin C, A, antosianin, senyawa fenolik dan metanol.

Sumber: