Inilah 7 Gunung Tertinggi di Indonesia Salah Satunya Berada di Papua

Inilah 7 Gunung Tertinggi di Indonesia Salah Satunya Berada di Papua

ilustrasi gunung tertinggi di indonesia--freepik

Berbeda dengan Jayawijaya, Kerinci adalah gunung berapi. Kerinci bisa dikatakan sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia.

BACA JUGA:Mengurai Langkah Mahfud MD Menuju Mundur dari Kabinet: Kondisi yang Tak Seimbang

3. Gunung Rinjani

Dengan ketinggian 3.762 meter di atas permukaan laut, Rinjani merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Lokasi gunung ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Rinjani sendiri merupakan gunung yang terkenal di kalangan pendaki. Gunung ini menyuguhkan pemandangan padang rumput luas dengan hutan tropis yang indah. Taman Nasional Gunung Rinjani sendiri diketahui memiliki luas sekitar 41.330 hektar.

4. Gunung Sameru 

Semeru merupakan gunung yang tingginya mencapai 3.677 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncak tertinggi gunung ini bernama Mahameru.

BACA JUGA:Keren! Pendaki Perempuan Asal Indonesia Pertamanya Capai Titik Ujung Kutub Selatan

Seperti halnya Rinjani, Semeru juga merupakan gunung yang terkenal di kalangan pendaki. Gunung ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

5. Gunung Sanggar

Selanjutnya adalah Gunung Sanggar yang tingginya 3.564 meter di atas permukaan laut. Gunung Sanggar terletak di Kabupaten Lombok Timur, sebelah barat Nusa Tenggara.

Meski tak setenar Gunung Rinjani atau Semeru, Gunung Sanggar juga memiliki pemandangan alam yang indah.

BACA JUGA:Pahami Tugas KPPS 1-7 dalam Pemilu 2024, Yuk Pelajari!

6. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong berada 3.478 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di kabupaten Enrekang.

Sumber: