Selain Baik untuk Kesehatan, Olahraga Dapat Membantu Meredakan Depresimu Lho!

Selain Baik untuk Kesehatan, Olahraga Dapat Membantu Meredakan Depresimu Lho!

ilustrasi olahraga untuk kesehatan--freepik

BACA JUGA:Bisa Dilakukan di Rumah, Inilah 6 Olahraga yang Bikin Paha Ramping

Untuk mengatasi ketidakpastian ini, para peneliti menganalisis database uji coba acak yang membandingkan olahraga sebagai pengobatan depresi dengan pengobatan yang ada seperti antidepresan dan terapi perilaku kognitif, serta dengan kontrol aktif seperti perawatan biasa, plasebo, atau kontrol yang tidak diobati.

Aktivitas Yang Efektif :

Dibandingkan dengan kontrol aktif, depresi berkurang secara signifikan dengan menari dan jalan kaki atau jogging ringan, yoga, latihan kekuatan, latihan aerobik campuran, dan tai chi atau qigong.

Efek sedang dan penting secara klinis juga diamati ketika olahraga dikombinasikan dengan terapi obat atau olahraga aerobik dikombinasikan dengan psikoterapi, menunjukkan bahwa olahraga dapat memberikan manfaat tambahan dibandingkan terapi yang ada.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Kuku dan Rambut untuk Tampil Menawan

Meskipun jalan kaki atau joging efektif untuk pria dan wanita, latihan kekuatan lebih efektif untuk wanita dan yoga atau qigong untuk pria. Yoga juga lebih efektif pada orang dewasa yang lebih tua, sedangkan latihan kekuatan lebih efektif pada orang dewasa yang lebih muda.

Meskipun aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki dan yoga masih memiliki efek yang relevan secara klinis, manfaat olahraga berat seperti lari dan latihan interval lebih besar. Olahraga tampaknya sama efektifnya bagi orang-orang dengan atau tanpa kondisi kesehatan lain dan dengan tingkat depresi yang berbeda-beda. Efeknya serupa untuk pelatihan individu dan kelompok.

Para penulis mengakui bahwa kualitas buktinya rendah dan sangat sedikit penelitian yang mengikuti partisipan selama satu tahun atau lebih. Banyak pasien mungkin juga memiliki hambatan fisik, psikologis atau sosial dalam berpartisipasi dengan sesuatu yang baru. Namun, mereka berpendapat bahwa kombinasi interaksi sosial, kewaspadaan, dan berada di ruang hijau dapat membantu menjelaskan efek positifnya.

“Hasil kami mendukung dimasukkannya olahraga dalam pedoman praktik klinis untuk depresi, khususnya olahraga intensitas tinggi,” kata Noetel dan tim. “Sistem kesehatan mungkin ingin menawarkan pengobatan ini sebagai alternatif atau tambahan terhadap intervensi lain yang sudah ada untuk mengurangi risiko kesehatan fisik yang terkait dengan depresi.”

BACA JUGA:Ini dia 7 Tips Olahraga Bagi Moms yang Sudah Punya Balita

Dan dokter juga menyarankan untuk melakukan rutinitas olahraga sebagai obat depresi dan mengonsumsi makanan yang sehat ketika anda sedang berolahraga,namun jika kamu tidak merasa tenang ketika sudah melakukan olahraga secara rutin,silahkan datang ke rumah sakit terdekat yang bisa membantu mu.

Sumber: