Mengenal Tari Andun, Tari Adat Khas Bengkulu

Mengenal Tari Andun, Tari Adat Khas Bengkulu

Tari andun, adat provinsi Bengkulu--Gramedia

BACA JUGA:Mengenal 7 Tradisi Unik Orang Minang yang Masih Tetep Eksis

• Sejarah Tari Andun

Tari Anduni merupakan tarian tradisional yang berasal dari Benggala Selatan. Karena berasal dari Bengkulu, maka berbagai gerak yang digunakan dalam tari Andun dan segala aspek pendukungnya erat kaitannya dengan budaya daerah tersebut.

Penonton yang menyaksikan tari Andun pasti bisa merasakan eratnya nilai-nilai budaya Bengkulu. Hal ini mungkin dikarenakan tari Andun merupakan tarian tradisional yang sudah diwariskan secara turun temurun.

Menurut sejarahnya, tari Andun bermula dari kisah pernikahan Dang Tuanku di kerajaan Limau. Saat itu, tari Andun pertama kali dipentaskan sebagai tanda syukur atas bersatunya kembali Datang karena putrinya selamat dari penculikan.

Oleh karena itu, tari Andun juga ditampilkan pada saat proses perkawinan sang anak. Penyelamatan putrinya diatur dan dipimpin oleh Cidur Mata yang menyamar sebagai kuda.

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Carok, Budaya dari Madura untuk Mempertahankan Harga Diri

Proses penyelamatan berhasil karena memberikan hadiah kepada penculiknya yaitu kerajaan Sangkalaw. Dengan adanya kaitan sejarah tersebut, maka tari Andun mempunyai nilai budaya yang kental dengan tradisi daerah setempat.

Dalam perkembangan tari Andun biasanya dibawakan oleh para bujangan dan putri secara berpasangan pada saat malam hari dan diiringi musik kolintang. Pada zaman dahulu, tari Andun digunakan untuk mencari pasangan setelah panen padi.

Oleh karena itu, tari Andun biasanya dibawakan oleh penari pria dan wanita secara berpasangan, dan jarang dilakukan oleh penari wanita sendirian, terutama wanita yang masih lajang atau belum menikah.

BACA JUGA:Mengenal Tari Kejei Tarian Khas Bengkulu, Yuk Simak!

Sumber: