Nutrisi Penting untuk Perkembangan Otak Si Kecil

Nutrisi Penting untuk Perkembangan Otak Si Kecil

Nutrisi Penting untuk Perkembangan Otak Si Kecil--freepik

5. Zink

Zink adalah mineral yang mendukung pertumbuhan sel dan perkembangan otak. Kekurangan zink dapat mempengaruhi perhatian, memori, dan kemampuan belajar anak. Sumber zink yang baik termasuk daging, kerang, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

BACA JUGA:10 Tips Menaikkan Berat Badan dengan Sehat dan Efektif

6. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks, termasuk B6, B12, dan folat, memainkan peran kunci dalam fungsi otak dan pembentukan sel darah merah. Folat, khususnya, penting selama kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Sumber vitamin B kompleks termasuk daging, telur, produk susu, sayuran hijau, dan biji-bijian yang diperkaya.

7. Vitamin D

Vitamin D mendukung perkembangan otak dan fungsi kognitif serta menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi perkembangan otak dan fungsi kognitif.

BACA JUGA:5 Minuman Herbal yang Ampuh Jaga Kesehatan Mata

Sumber vitamin D termasuk paparan sinar matahari, ikan berlemak, hati, dan produk susu yang diperkaya.

Cara Mengintegrasikan Nutrisi ke Dalam Diet Anak

1. ASI dan Formula Bayi: ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Jika ASI tidak memungkinkan, pilih formula bayi yang diperkaya dengan DHA dan nutrisi penting lainnya.

2. Diet Seimbang: Pastikan anak-anak mendapatkan diet seimbang yang mencakup berbagai makanan seperti ikan, daging tanpa lemak, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan produk susu.

BACA JUGA:5 Jenis Bunga yang Memiliki Beragam Manfaat Kesehatan dan Aman Dikonsumsi

3. Camilan Sehat: Sediakan camilan sehat seperti buah-buahan, yoghurt, dan biji-bijian yang dapat mendukung asupan nutrisi yang cukup.

4. Menghindari Makanan Olahan: Kurangi asupan makanan olahan yang tinggi gula dan lemak tidak sehat, yang dapat mengganggu perkembangan otak.

Sumber: