Kolestrol Naik? Silahkan Konsumsi 5 Minuman Ini untuk Turunkan Kolestrol Anda

Kolestrol Naik? Silahkan Konsumsi 5 Minuman Ini untuk Turunkan Kolestrol Anda

Kolestrol Naik? Silahkan Konsumsi 5 Minuman ini Untuk Turunkan Kolestrol Anda--

SILAMPARITV.CO.IDKadar kolesterol yang tinggi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena, risikonya bisa berbuntut pada penyakit kardiovaskular dan stroke.

Apalagi jika jumlah kadar LDL tiba-tiba melonjak tinggi. Oleh sebab itu, bagi kalian penderita kolesterol sebaiknya berhati-hati memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Berikut dibawah ini 5 minuman yang mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi, yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Air Lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon mampu membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, air lemon juga cukup baik mengurangi kadar kolesterol karena mengandung antioksidan serta pektin atau serat larut yang menyehatkan jantung.

BACA JUGA:Dahsyat nya Manfaat Pare untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui!

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kulit lemon juga sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung d-limonene yang mampu menurunkan kadar trigliserida.

2. Jus Wortel

Jus wortel mengandung banyak sekali serat larut, yang mampu mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh. Jus wortel juga mengandung kalsium dan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C yang berperan tinggi untuk metabolisme kolesterol membuat tubuh jadi lebih mudah untuk menyingkirkan kolesterol jahat. Selain itu, jus wortel juga mengandung antioksidan kuat atau betakaroten yang sangat berfungsi untuk mengurangi oksidasi LDL.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Ini Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

3. Teh Hijau

Dilansir dari Healthline, teh hijau bisa menjadi pilihan sebagai minuman penurun kolesterol. Sebab, sebuah studi yang dipublikasikan Cochrane Library menemukan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko kardiovaskular karena bisa menurunkan kadar LDL. Bahkan, teh hijau bisa untuk menurunkan risiko kematian akibat kardiovaskular hingga 31 persen.

Berdasarkan analisis dari PubMed Central terhadap sembilan studi, orang yang mengonsumsi satu hingga tiga cangkir teh hijau setiap hari akan memiliki risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang minum teh hijau kurang dari satu cangkir.

Salah satu jenis teh terpopuler ini diketahui mengandung antioksidan yang tinggi. Pilihlah teh hijau daun dibandingkan yang celup guna mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

4. Jus Delima

Delima disebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Mayo Clinic menyampaikan bahwa jus delima mengandung antioksidan polifenol. Jus delima juga memiliki jumlah antioksidan tiga kali lipat dari teh hijau atau red wine.

BACA JUGA:Kulit Sehat dan Berat Badan Seimbang, Inilah Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan

Asupan antioksidan tinggi dapat menurunkan risiko buruk yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan kolesterol.

5. Jus Apel

Pakar kesehatan, Stephanie Leach merekomendasikan minuman jus apel guna menurunkan kadar kolesterol tinggi karena mengandung fitokimia yang dapat mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat.

Dalam sebuah penelitian, menyebutkan laki-laki dan perempuan sehat diminta untuk menambahkan 12 ons atau sekitar 340,2 gram jus apel tanpa suplemen dan 12 ons apel utuh ke dalam menu harian mereka selama enam minggu.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Obat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Setelah enam minggu, kedua kelompok terlihat mengonsumsi lemak, kolesterol, karbohidrat, gula, dan kalori dalam jumlah yang sama. Namun, terdapat peningkatan asupan serat makanan sebesar 22 persen setelah memakan buah apel utuh.

Dari penelitian tersebutpun juga disimpulkan bahwa meminum jus apel dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.

Namun, hindari untuk membeli jus apel dalam kemasan karena adanya kandungan bahan tidak alami dan gula berlebih. Sebaiknya, pilih jus apel murni tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan, serta membuat jus apel sendiri.

BACA JUGA:Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Cobain!

Sumber: