Berkunjung ke Pantai Losari, Belum Lengkap Jika Tidak Mencicipi Pisang Epe

Berkunjung ke Pantai Losari, Belum Lengkap Jika Tidak Mencicipi Pisang Epe

pisang epe Makassar--cookpad

SILAMPARITV.CO.IDPisang Epe bisa dikatakan sebagai salah satu jajanan yang unik, yang sering Anda lihat saat berkunjung ke kota Angin Mammiri Makassar. Makanan ini cukup terkenal di sana.

Penjual jajanan Pisang Epe bisa dikatakan hampir ada di setiap sudut Pantai Losari.

Itu sebabnya banyak orang mengatakan mengunjungi Pantai Losar ada yang kurang tanpa mencicipi Pisang Epe.

Sejarah Pisang Epe

Kata “epe” sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Makassar yang berarti “dijepit”. Oleh karena itu, jajanan khas kota Makassar ini secara keseluruhan bisa diartikan sebagai pisang bakar yang sudah diperas hingga menjadi pipih.

BACA JUGA:Asin dan Gurih! Mengenal Asal Usul dan Sejarah Rengginang

Memang terdengar agak unik untuk olahan pisang jenis ini. Namun biasanya hal unik seperti itu menawarkan sesuatu yang lain. Dan itu pasti mudah untuk diingat.

Seperti namanya, resep Pisang Epe ini juga cukup unik. Pisang epe biasanya ketika dimasak hanya dengan cara digoreng atau direbus, namun tentunya jajanan khas Makassar ini harus menggunakan cara yang berbeda.

Cara memasaknya adalah dengan menggorengnya di atas bara panas setelah pertama kali diperas hingga pisang menjadi rata. Alat yang digunakan untuk memeras buah pisang disebut panngngepena untia.

Kemudian epebanana pipih yang dipanggang di atas bara panas dicelupkan ke dalam kuah sebagai isian. Saus ini terbuat dari gula merah yang dicairkan.

BACA JUGA:Mengenal Udon, Kuliner Jepang yang Wajib Untuk Dicoba!

Seiring berjalannya waktu, kuah yang digunakan untuk meniriskan pisang epe pun semakin bervariasi. Ada yang rasanya seperti durian, coklat, bahkan ada pula yang menggunakan keju sebagai isiannya.

Istimewanya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati lezatnya jajanan khas Kota Makassar ini. Pasalnya harga satu porsi Pisang Epe sangat murah.

Manfaat Pisang Epe Untuk Tubuh

Sumber: