6 Manfaat Bengkoang yang Mungkin Bagus untuk Kesehatan

6 Manfaat Bengkoang yang Mungkin Bagus untuk Kesehatan

ilustrasi bengkuang untuk kesehatan--freepik

Menurut penelitian, paparan radikal bebas dalam jumlah besar meningkatkan risiko timbulnya masalah kesehatan serius seperti diabetes dan kanker.

BACA JUGA:Musim Hujan Mudah Terkena Flu? Berikut 10 Tips Atasi Flu Cepat Sembuh

Bengkoang mengandung antioksidan seperti vitamin C yang berperan mencegah paparan radikal bebas. Selain melawan radikal bebas, kandungan vitamin C pada bengkoang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko timbulnya penyakit.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Meski dalam jumlah kecil, kandungan vitamin B6 pada bengkoang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin ini dapat membantu otak dan saraf bekerja dengan lebih baik.

Selain itu, kandungan serat dan karbohidrat kompleks pada bengkoang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah ke otak.

BACA JUGA:Ini dia 8 Manfaat Air Rebusan Nanas Bagi Tubuh

6. Bisa menurunkan berat badan

Jika anda sedang menjalani program penurunan berat badan, anda bisa menambahkan bengkoang kedalam menu diet anda. Pasalnya bengkoang relatif rendah kalori, hanya sekitar per 100g.

Karena kandungan serat dan karbohidrat kompleksnya yang tinggi, bengkoang juga bisa membuat anda kenyang lebih lama. Karena efek ini, bengkoang dianggap sebagai agen penurun berat badan yang baik.

Selain manfaat diatas, bengkoang juga dapat mengontrool gula darah dan mencegah resistensi insulin. Namun manfaat bengkoang ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:Apa Itu Scopophobia? Yuk Simak Penjelasan dan Tanda-tanda Gejalanya!

Bengkoang bisa dimakan langsung tanpa dimasak. Namun perlu diingat untuk memilig bengkoang yang berkualitas dan pastikan bengkoang sudah benar-benar dikupas dan dibersihkan agar tetap bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Jika kamu memiliki kondisi medis, jangan takut untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan cara yang tepat untuk menambahkan bengkoang ke dalam menu harian kamu.

Sumber: